Wednesday, June 30, 2010

Google Masih Diblokir di China

Google di China Beijing - Google mengatakan, salah satu fitur mesin pencariannya diblokir di China. Karena perusahaan tersebut menunggu keputusan Beijing apakah akan memperbarui izin usaha dalam 'pertempuran' terbaru mereka terkait masalah sensor.

"Tampaknya permintaan pencarian yang dihasilkan oleh Google Suggest sedang diblokir untuk sebagian pengguna di China," kata juru bicara Google Jessica Powell dalam sebuah e-mail, yang dikutip Yahoo News, Kamis (1/7/2010).

"Namun demikian mesin pencarian yang tidak menggunakan saran query tidak terpengaruh seperti biasa, kami akan tetap memperbaharui halaman Yahoo China dengan informasi terbaru," tambahnya.

Peristiwa ini sayangnya belum mendapatkan tanggapan dari Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi, yang mengatur industri internet China. Langkah ini tentu saja merugikan raksasa internet tersebut. Pasalnya, Google berencana untuk menghentikan pengalihan mesin pencarian dari China ke Hong Kong dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Hukum Google David Drummond. Dia mengatakan jika sepanjang pengalihan situs dari Google.cn ke Google.com.hk, mesin pencarian terbesar di dunia itu sudah mendapatkan banyak pengunjung tetap.

Walaupun sayangnya, pemerintah China tetap mendesak Google untuk menghentikan langkah tersebut.

Diprediksi, pemerintah China benar-benar akan mendepak Google dari negara tersebut. Pasalnya, meski pencarian telah diarahkan ke Google.cn, tidak lagi ke Google.com.hk, namun pemblokiran masih tetap terjadi. Padahal lisensi penyediaan layanan jasa internet milik Google untuk beroperasi di China akan segera habis. Kemungkinan besar, pemerintah China diprediksi tidak akan memberikan perpanjangan lisensi untuk Google.(tyo/http://techno.okezone.com)

No comments:

Post a Comment